Cara memilih password bukanlah pilihan!

August 28, 2012 at 9:56 pm Leave a comment

Sering sekali ketika Saya mengisi form pendaftaran untuk menjadi member pada sebuah website, selalu disuguhi dengan field isian username dan password. seperti biasa, saya menginputkan password yang biasa saya gunakan, ada beberapa password yang memang sengaja saya ingat, walaupun entah website mana yang akan saya kunjungi, jika password satu tidak bisa mengautentikasi, maka saya gunakan password lainnya, dan tentunya bisa login akhirnya. 

Semenjak sosial media bermunculan, teknik yang dipakai untuk autentifikasi pun semakin beragam, tidak hanya dengan menggunakan username atau email sebagai pengenal, No HP juga dapat digunakan sebagai autentifikasi, beberapa juga sudah mempu untuk mengintegrasikan perangkat pengakses dengan layanan jaringan melalui API yang disediakan oleh penyedia layanan. Contohnya 2 step autentifikasi yang di sediakan oleh Google.

Barusan saja saya melihat sebuah judul artikel yang membahas mengenai cara memilih password yang baik. Cara-cara konvesional yang digunakan biasanya memilih password yang terdiri dari kombinasi huruf, angka dan karakter khusus. Tetapi, menyalahkan user dengan cara menyiksanya untuk berusaha mengingat password yang sebenarnya tidaklah cara yang elegan. Lalu bagaimana cara membuat password yang rumit tetapi aman dari masalah crack dan phising? Crack dan phising merupakan masalah yang sudah sangat klasik, sehingga sudah banyak yang mencoba membuat berbagai metode sehingga keamanan dan prevensi dapat dilakukan.

Cara-cara yang digunakan oleh beberapa website ataupun layanan melalui jaringan sudah menampakkan kemajuan dalam metode prevensi terhadap autentifikasi sehingga mampu menangani masalah klasi tersebut. Facebook menggunakan pengingat bagi user pada saat menggunakan komputer untuk mengakses acountnya, sedangkan Google menggunakan metode 2 step authentification yang mengharuskan usernya mengimputkan kode yang dikirim melalui handphone dengan suara ataupun sms. Begitu pula dengan prevensi terhadap crack dan phising, jika password ataupun email kita memang benar-benar tidak dapat diakses lagi, Google menyarankan kita untuk menggunakan email tambahan dan No. HP tambahan, sehingga apabila terjadi permasalahan, dapat merujuk pada HP dan email yang tambahan tersebut. 

Jadi, menyarankan user untuk menggunakan password yang menyulitkan untuk diingat, bukanlah jalan terbaik. Tugas analis dan programer untuk membangun sistem yang melindungi dan memudahkan user untuk mengakses layanan yang ada pada suatu website di internet.

Entry filed under: My self. Tags: .

Pajabat (*Penjambret*) yang Mungkin Baik Hati atau … Publishers Start Signing Up For PostRelease’s Content Marketing Network

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My FB page


%d bloggers like this: