Salamku HORAS! Apa salamMu?

February 10, 2013 at 12:12 am Leave a comment

Image

pic taken from kfk.kompas.com

Saya adalah orang yang lahir dengan embel-embel, budaya(ethnic) & agama, saya sebut itu human being. Senangnya jadi manusia yang punya budaya dan agama, semakin komplekslah pengetahuan kita tentang dunia ini. Namun sering sekali kita jumpai hal-hal yang membuat kita bingung tentang kedua hal tersebut, misalnya saya, batak kristen.

Kasus yang sering saya jumpai adalah kalimat ucapan salam. Apakah saya pakai salam keagamaan atau salam khas batak? HORAS atau SYALOM ? 
Beberapa tahun ini saya menggunakan HORAS sebagai salam saya, kenapa?
Syalom dan kata2 salam lainnya bukanlah jati diri saya, selama saya bertemu dengan orang Melayu batak (dan sejenisnya), akan tetap menggunakan HORAS (damai sejahtera). Saya tidak suka meng-eksis2 kan diri dan bisa saja jadi salah tempat kalau pakai kata2 yang dibawa oleh Agama.

Kita juga tidak akan mengucap salam di tempat2 yang tidak layak, misalnya WC atau sejenisnya, palingan menyapanya sementara dengan “Hai atau Halo”, baru nanti kalau udah ditempat lain bilang salam. Kongkritnya adalah Jagalah budaya baik kita dan tempatkan hal2 baik pada tempat yang baik pula (tinggikan hal baik).

HORAS!! Apa kabar? 
Apa salamMu? 

Entry filed under: My self. Tags: .

Anak-anak: Tentang keras kepala dan sok tau Coffee Mix (instant) = Junk (sampah)

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My FB page


