Archive for April, 2013

Rasberry Pi (RasPi)

Rasberry Pi? Sudah coba? hahahah …
Yap, walau sudah pegang-pegang, tapi belum tau juntrungannya kemana ini benda. Salah satu ide yang memang mau saya oprek ada XBMC, yaitu media entertainment, Jadi, TV bisa di pasangi RasPi dengan program XBMC, dulu pernah pasang OS Linux turunan Ubuntu semacam itu, tetapi masih pakai PC, dan lumayan sulit mengaturnya. Nah, dengan RasPi ini bisa dibuat komputer yang sanggup memberikan layanan serupa. Masih macam-macam sebenarnya ide2 liar yang ternyata sudah ada di posting di salah satu situs review ternama, ya sudah. Please check it out 😀 .

Link to related idea: http://reviews.cnet.co.uk/desktops/25-fun-things-to-do-with-a-raspberry-pi-50009851/

Sekedar info, raspi sendiri men-support OS Linux dan OS pugaran tahun 1980-an, windows? ndak tau lah, tapi kayanya dengan RasPi yang super mini resource, Linux mini akan mendominasi, hahaha …
Eh, iya dink, aku belum cek apakah ada hubungan RasPi ini dengan Mikrotik router board, yah, nanti saja kita cari yau 😀

April 29, 2013 at 10:28 pm Leave a comment

Browser

Browser dimana-mana … browser berserakan, ada yang development profesional dan ada juga yang ciplak-menciplak (eh, mana buktinya? zzz.. google ndiri 😀). Okay, kenapa browser? Karena ini salah satu senjata pamungkas teknologi sedari dulu hingga sekarang yang dipadu-padan dengan teknologi pendukungnya dan tidak pernah main2 sepertinya, sampai-sampai perusahaan sekelas Google dan Mozilla menjadikan browser sebagai produk unggulan di Operating System yang mereka buat.

perang-antar-browser[1]

Di catut dari infogue.com

So, apa yang sebenarnya mau di bahas?
Yap, setiap install ulang komputer selalu cari-cari browser, mana yang kupilih? Mau gambreng? Males, kalau sudah baca ini baru mikir2 pilih mana dan makin bingung! Wow!
Jadi, setelah beberapa kali berexperimen dengan browser2 yang ada di pasaran, akhirnya saya tetap di Mozilla Firefox! Why?
Pada awalnya, Mozilla dan Opera yang jadi jargon, kemudian opera mulai hilang dari pasaran karena ada Chrome yang katanya dan memang pada saat itu lebih ringan penggunaan memorinya, ternyata oh ternyata itu terjadi karena memang pada versi2 awal belum banyak add on yang bisa diinstallkan, wah,,kalau sekarang sudah segudang, dan setelah coba2 install adson yang ada di Google market itu, akibatnya PC pada lambat dan tidak jarang juga crash, Ya..ya..ya. Begitu juga dengan mozilla, sama saja.
Kok malah milih mozilla?
Untuk saya yang bekerja mendevelop web, mozilla versi 20, sudah menyediakan feature untuk developer seperti Firebug, dan itu sangat membantu, Jadi, tidak ada alasan menggunkan browser lain kalau mozilla sudah lazis dan tidak perlu install2 ads on lagi. Kuncinya, jangan instal2 ads on sembarangan :D.

April 29, 2013 at 1:36 am Leave a comment

Mengingatkan: Apa Siswa/Mahasiswa TKJ tak perlu kenal Pemrograman?

Image

Melihat perkembangan pendidikan di negeri kita ini, semakin maju sebab sudah dapat memilah jurusan, jurusan maksud saya disini ialah tentang SMK ataupun Perguruan tinggi yang memisahkan prodi TKJ dan RPL. Tetapi tahukah anda siapa yang paling tersiksa nantinya di dunia kerja? Yap, Prodi TKJ tentunya!
So, why ? , I am TKJ student,
(you may be ask to me just like that!)
Is’t sucks choice if I choose TKJ?
No! but a little situation I say Yes!
Saya tebak fikiran anda tentang TKJ: “TKJ itu tentang bongkar Server, Koneksi2-kan router, main2 dengan switch dan panduannya udah lengkap di Cisco”. Semua sudah tersedia bukan? tinggal rakit2, beres! dan ternyata ….auhhhh ……uhu2k.. Ya, uhuk2..why? Ternyata yang anda fikirkan SALAH BESAR!
Beri penjelasan donk! jangan salah2 aja!…
Okay: Jika anda hanya sekelas orang yang mengangap TKJ itu cuma config2..dan config saja, maka anda adalah lulusan yang tidak kompeten dan tidak memahami apa yang anda kerjakan.Why, bagaimana anda dapat bekerja dengan sistem yang tidak bisa mengerjakan sesuatu apabila harus menerima berbagai SITUASI. misalnya load balancing, memilih jalur hidup dan mati secara otomatis, kesemua itu sebenarnya hasil coding/programming. Bila anda belum pernah menulis code untuk mengkonfigurasi dimana code anda dapat mengatasi situasi, berarti anda bukan apa2 tentang jaringan, ya, sama seperti siswa SMA. Karena sistem jaringan sebenarnya hal yang paling rumit dan paling beresiko, putus jaringan, mampuslah semua servicenya :D.
Image

Pernahkah anda bertanya, siapa yang membuat RIP, OSPF, EIGRP dan kawan2 supaya ada didunia ini? Yap, you call them “Programmer/ Network Programmer”, cari di google : “L2,L3” programmer. Cloud computing? tidak akan ada kalau tidak ditulis programmer.
Jadi, apakah saya salah jurusan? haruskah saya pindah ke RPL?
Sebenarnya terserah anda, namun saya melihat sendiri bahwa siswa RPL akan lebih mudah memahami jaringan, karena sudah terbiasa dengan flow control, sudah biasa buat program (bagi yang biasa yah, kalau malas2 ngak juga :D). So? harus pindah nih?
Gimana yah…ehmm… Yap, dont waste your time for bulshit, TKJ is bulshit! Its sucks. Saya bilang begitu karena saya sudah rasakan. Seperti orang yang masih tinggal di bumi sambil tiduran, padahal orang sudah pergi ke MARS.
Tapi, masa harus pindah? TKJ itu masa  depannya berat sekali, walaupun jago di config ini itu, ngerti teori ini itu, but its still sucks, kalaupun tidak mau pindah, maka jadikanlah pelajaran TKJ itu yang ke-4. Kok?
Pertama algoritma, ke-2 programming, ke-3 tidur (capek habis belajar programming :D), ke-4 baru ngoprek networking. You choose, thats for you and depend to you, but world waiting for you!

Okay, paragraf diatas tadi memang horrible, tapi itu realitas. Anda tidak akan jadi apa2 bila belum bisa membuat jaringan bekerja otomatis dengan pemogramman, saya sendiri rasakan itu. Memang algoritma juga KERAS di TKJ tapi, pemogramannya tidak ada! tidak pernah ada bicara tentang otomatisasi sistem, menurut saya itu buruk. Jadi, jangan pernah berfikir menjadi admin webhosting/enterprise kalau belum paham pemogramman/membuat program yang baik dan benar.

Saya bicara tentang realita, dan mungkin tidak punya sanggahan, segala kritik silahkan saja :D.

April 20, 2013 at 9:37 pm Leave a comment

Slogan Koran Online

Aku sedang mencari slogan koran online:
1. Detik = situs warta era digital
2. Riau24=mengabarkan riau24 jam
3. Vivanews = ? (tak ada)
4. Kompas = ? (sama dengan viva)

Tak ada slogan = tak percaya! 😀
Protes? biarin hobi gw emang aneh ..kekekeke 😀

April 20, 2013 at 4:12 pm 2 comments

Kesal: Cara menggunakan Google!

Saya yakin anda akan geleng-geleng kalau ada orang yang bertanya “Siapa sih presiden Amerika yang ke 13?” padahal sipenanya itu sedang mengakses internet, rasanya bagi dia lebih mudah bertanya pada orang lain dari pada menggunakan layanan search engine. Tentunya bagi orang yang biasa menggunakan layanan internet dengan baik akan lebih memilih mengunakan search engine untuk mencari yang diperlukannya. Menurut pengamatan saya, masih banyak orang yang belum memahami hakikat dari pada jaringan komputer/internet itu sendiri, aku rasa ini betul2 ganjil. Saya sendiri tidak menyalahkan orang bertanya tentang hal yang sepele, tetapi memang terkadang terdapat situasi dimana sulit sekali menemukan kata kunci yang cocok untuk dicari menggunakan search engine, tentu saja kita bisa bertanya tentang kata kunci ini baik kepada orang lain maupun dalam bentuk forum diskusi

ImageDalam berbagai forum yang sering saya ikuti, forum http://stackoverflow.com merupakan salah satu yang terbaik, peraturan Q&A disana sangatlah tegas, anggapan tidak laku disana, hanya ada Q atau A, tentunya rating untuk jawaban yang baik atau tidak, salut dengan member yang ada disana.
So, apa intinya: Jika ada yang bertanya pada Anda tentang sesuatu hal yang sebenarnya bisa dia cari sendiri dengan search engine, katakan saja: “Belajarkan cara menggunakan Google!”. dengan nada mayor ataupun minor, terserah 😀
Aku percaya Anda tahu apa yang ku maksudkan 😀

April 18, 2013 at 9:13 pm Leave a comment

How to convert variable name to a string?

Jadi ceritanya mau mengirimkan parameter, tapi butuh variabel supaya namanya diubah menjadi string, misalnya

$var['a']='ayam';
$var['b']='kecap';

mau diubah menjadi:  vara=ayam&varb=kecap

gimana caranya? baca script ini!

$var['a']='ayam';
$var['b']='kecap';

print "<pre />";
$param=array();
foreach($var $key => $value){
$param[]=$key."=".$value;
}

$param= implode("&", $param);
print ($param);

Selamat mencoba … 😀

April 6, 2013 at 12:37 pm Leave a comment

Bahasa Kita: membunuh … blalalala – sadis!

Entah siapa yang menyarankan dan apa yang ada di benak orang yang membuat kata-kata dalam iklan sabun/antiseptik. Coba perhatikan bahasanya, terselib kata “membunuh” dengan jelas dan diulang lebih dari 1x. Apakah ini watak dari manusia sekarang? segala sesuatu harus menggunakan kata di-bunuh! Padahal kalau di analisa lagi, kuman yang dibunuh itu bisa busuk dan pembusukan itu akan menimbukan kuman baru, lah loch?

Watak dengan kata-kata dan perilaku keras dan liar tampaknya sedang dan makin mewabah di kehidupan negeri kita ini. Tampak bukan hanya dari iklan itu tadi saja, lihat yang dikerjakan kopasus itu, mentang pakai senjata, main hakim sendiri, sudahlah, tentu ini perilaku terkebelakangan, saya tak mau disebut seperti itu, makanya sekarang2 ini lebih sering bertanya kediri sendiri dulu, sebelum salah2 kate. Kadang-kadang jadi menganggap Jhon lenon itu benar, a freedom.

but I shall not wish that… do you?

April 5, 2013 at 11:42 pm Leave a comment

Older Posts


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


%d bloggers like this: