Mengingatkan: Apa Siswa/Mahasiswa TKJ tak perlu kenal Pemrograman?

April 20, 2013 at 9:37 pm Leave a comment

Image

Melihat perkembangan pendidikan di negeri kita ini, semakin maju sebab sudah dapat memilah jurusan, jurusan maksud saya disini ialah tentang SMK ataupun Perguruan tinggi yang memisahkan prodi TKJ dan RPL. Tetapi tahukah anda siapa yang paling tersiksa nantinya di dunia kerja? Yap, Prodi TKJ tentunya!
So, why ? , I am TKJ student,
(you may be ask to me just like that!)
Is’t sucks choice if I choose TKJ?
No! but a little situation I say Yes!
Saya tebak fikiran anda tentang TKJ: “TKJ itu tentang bongkar Server, Koneksi2-kan router, main2 dengan switch dan panduannya udah lengkap di Cisco”. Semua sudah tersedia bukan? tinggal rakit2, beres! dan ternyata ….auhhhh ……uhu2k.. Ya, uhuk2..why? Ternyata yang anda fikirkan SALAH BESAR!
Beri penjelasan donk! jangan salah2 aja!…
Okay: Jika anda hanya sekelas orang yang mengangap TKJ itu cuma config2..dan config saja, maka anda adalah lulusan yang tidak kompeten dan tidak memahami apa yang anda kerjakan.Why, bagaimana anda dapat bekerja dengan sistem yang tidak bisa mengerjakan sesuatu apabila harus menerima berbagai SITUASI. misalnya load balancing, memilih jalur hidup dan mati secara otomatis, kesemua itu sebenarnya hasil coding/programming. Bila anda belum pernah menulis code untuk mengkonfigurasi dimana code anda dapat mengatasi situasi, berarti anda bukan apa2 tentang jaringan, ya, sama seperti siswa SMA. Karena sistem jaringan sebenarnya hal yang paling rumit dan paling beresiko, putus jaringan, mampuslah semua servicenya😀.
Image

Pernahkah anda bertanya, siapa yang membuat RIP, OSPF, EIGRP dan kawan2 supaya ada didunia ini? Yap, you call them “Programmer/ Network Programmer”, cari di google : “L2,L3” programmer. Cloud computing? tidak akan ada kalau tidak ditulis programmer.
Jadi, apakah saya salah jurusan? haruskah saya pindah ke RPL?
Sebenarnya terserah anda, namun saya melihat sendiri bahwa siswa RPL akan lebih mudah memahami jaringan, karena sudah terbiasa dengan flow control, sudah biasa buat program (bagi yang biasa yah, kalau malas2 ngak juga :D). So? harus pindah nih?
Gimana yah…ehmm… Yap, dont waste your time for bulshit, TKJ is bulshit! Its sucks. Saya bilang begitu karena saya sudah rasakan. Seperti orang yang masih tinggal di bumi sambil tiduran, padahal orang sudah pergi ke MARS.
Tapi, masa harus pindah? TKJ itu masa  depannya berat sekali, walaupun jago di config ini itu, ngerti teori ini itu, but its still sucks, kalaupun tidak mau pindah, maka jadikanlah pelajaran TKJ itu yang ke-4. Kok?
Pertama algoritma, ke-2 programming, ke-3 tidur (capek habis belajar programming :D), ke-4 baru ngoprek networking. You choose, thats for you and depend to you, but world waiting for you!

Okay, paragraf diatas tadi memang horrible, tapi itu realitas. Anda tidak akan jadi apa2 bila belum bisa membuat jaringan bekerja otomatis dengan pemogramman, saya sendiri rasakan itu. Memang algoritma juga KERAS di TKJ tapi, pemogramannya tidak ada! tidak pernah ada bicara tentang otomatisasi sistem, menurut saya itu buruk. Jadi, jangan pernah berfikir menjadi admin webhosting/enterprise kalau belum paham pemogramman/membuat program yang baik dan benar.

Saya bicara tentang realita, dan mungkin tidak punya sanggahan, segala kritik silahkan saja😀.

Entry filed under: My self. Tags: .

Slogan Koran Online Browser

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My FB page


%d bloggers like this: