Memamfaatkan Si Cisco

May 1, 2013 at 12:40 am Leave a comment

You know, I know, semua know … Cisco? Yeah, big company, rich in the everything. Product information? Lengkap sekali, mulai dari proposal, jurnal,produk jadi, HARGA, manual hingga simulasinya. Super sekali!
Apigee%20Heart%20APIs%20sticker[1]Cisco sendiri sudah menyediakan link untuk dokumentasi yang dapat digunakan oleh developer untuk mengakses informasi yang mereka sediakan dengan menggunakan API. Ketika saya terfikir tentang sesuatu yang serius (in CS), saya langsung mengarah pada web service yang produk itu sediakan, nah, ternyata cisco cukup lengkap.

Salah satu IDE muncul ketika saya mengingat tentang pelajaran TKJ, biasanya untuk KBM menggunakan simulasi, salah satu simulasi yang digunakan adalah Cisco Packet Tracer. Aplikasi simulasi ini disediakan oleh cisco untuk kegiatan KBM dengan device2 yang ada di Cisco system, boleh itu router, switch dsb. Yang ingin saya sekali buat adalah sebuah Aplikasi simulasi perhitungan biaya otomatis yang mampu:

  1. Membuat map/gambar sesuai dengan gambar yang diiginkan
  2. Menghitung seluruh kebutuhan sesuai dengan yang diinginkan (spek hardware yang ada di Cisco sesuai kebutuhan pembagunan)
  3. Menyediakan komparasi antara hardware2 yang ada di Cisco dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, sehingga dapat memberikan informasi lebih luas tentang future development jaringan yang dibuat.
  4. Harga produk

Nah, kesemua itu nantinya dapat memamfaat API milik cisco, sehingga datanya lebih valid dan confident. Lalu, seperti apa sebenarnya bentuk aplikasi itu nanti? Jadi, aplikasi itu nanti hanya berupa form inputan yang dibuat dengan format sesuai network device, misalnya: ditambahkan device router, kemudian di isikan berapa port yang ada digunakan, berapa jumlah data yang mungkin lewat, dsb, pada akhirnya dapat dihasilkan kembalian berupa saran produk (information for recommendation system gitulah :D) yang cocok digunakan.
Bagitu saja kira2. Simple, tetapi bermamfaat, sehingga akan memudahkan jika ingin membuat jaringan sekaligus dapat menghitung budget yang harus di sediakan.
Kapan mau dibuat? Entahlah, abislah dulu kuliah ini, baru bisa gerak dikit…😀

Referensi: http://bauhaus.ece.curtin.edu.au/~iain/CTP392/PT%20development/IPC.pdf

Entry filed under: Networking. Tags: .

Rasberry Pi (RasPi) Kick it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My FB page


%d bloggers like this: