Untuk Teman IT: Wanna Be IT Rock Star

June 30, 2013 at 2:40 pm Leave a comment

What is IT? Bukankah saya sekolah jurusan IT dan sudah pasti saya digolongkan orang dengan skill IT?. Not exactly true! Why?
IT memang punya banyak cabang, mulai dari programmer, software engineer, sistem analyst dan sdb, pertanyaannya, dimanakah posisi anda sekarang? dan apa2 saja step yang harus dijalani untuk menjadi rock star?
rockstar-star-logo[1]
Kali ini kita batasi dengan tingkat pendidikan  dulu.
1. SMK jurusan IT (RPL dan TKJ): pada masa ini anda lebih banyak menggunakan kemampuan motorik, misalnya bermain dengan obeng atau coba-coba menjalankan software yang baru anda donwload. Saran saya untuk masa-masa ini adalah perbanyak kemampuan dalam penggunaan dasar algoritma kemudian terapkan cukup ke satu bahasa pemrograman. Ada apa dengan bahasa pemrograman yang lain? Memperlajari terlalu banyak term/sintax di awal2 ini akan membuat kita  terlalu banyak menghabiskan waktu, padahal secara umum semua bahasa pemrograman sama saja, mereka mentraslate dari algoritma berupa sintax, ingat, tidak ada programmer yang bisa hidup tanpa buku manual bahasa pemrograman. Jadi, jangan kemana2 dulu, pelajari saja membuat sebuah aplikasi untuk menerapkan macam-macam algoritma dasar yang dipelari sebelumnya. Pada masa ini anda disebut beginner programmer, walaupun mungkin saja sudah banyak aplikasi yang dibuat.

2. Tahun2 Masa Kuliah: Pada masa ini kita akan betul2 merasakan transformasi dari penggunaan motorik ke arah analisis, baru sadar kalo pelajaran matematika akan benar2 kepakai disini. Mata kuliah akan seperti tsunami banyaknya, tapi bijaklah dalam memilihnya. Karena kita sudah paham pemogramman, sebaiknya cukup sisahkan waktu untuk pemrograman 40% saja, sedangkan sisahnya belajar algoritma tingkat lanjut, mulai dari Algoritma heuristik hingga meta-heuristik, eits, jangan sampai tidak serius di statistik. Selanjutnya carilah penelitian2 berupa skripsi dan artikel tentang implementasi masing2 algoritma tersebut, pastikan anda sudah mampu membuat aplikasi sederhana untuk beberapa algoritma yang anda pejari tersebut, percayalah, hidup ada akan baik2 saja kalau mengikuti saran ini tanpa rasa pilu yang berarti😀. Pada tahap ini anda sudah menjadi programmer intermediate/ lanjut.

3. Analisis aplikasi berdasarkan pada bisnis, disini kita mulai masuk pada ranah Software Engineer yang memperhitungkan dengan simulasi pada setiap rencana.

Gunakanlah google sebaik2nya dan jangan lupa berdoa😀.

Entry filed under: Computer SW. Tags: .

Cara meminta/bertanya Ngeles

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My FB page


%d bloggers like this: