Archive for September, 2013

Cara Memindahkan File (without pain)

So, memindahkan file memang mudah, tapi sering kali menyakitkan atau membuat gila.
Jika datanya ingin dipindahkan dengan sempurna, jangan pernah pakai CTRL+X (cut), karna sistem komputer tidaklah reliable, intinya gunakanlah CTRL+C (copy). Sisahkan datanya di tempat asalnya dulu, setelah data tersebut benar2 (mesti di pastikan) tercopy dengan sempurna, barulah selesaikan masalah dengan file tertinggal tersebut.
Ceritera ini ditulis untuk mengingatkan kesedihan, kemuram durja dan kehilangan teramat sangat terhadap data yang hilang karna the damned CTRL+x, so, now, just keep use CRTL+C men! Trus me, its hurt!

September 15, 2013 at 1:35 am Leave a comment

Ekspresi Pusing!

Once upon a time, tepatnya pada masa2 suram dimana kita sudah berpusing-pusing ria, namun tak jua berjumpa dengan penyakit yang menggerogoti waktu, detik ke menit hingga hari terlampau sebab jam-jam pun tak sanggup menghalau, bah! apa yang mau kau bilang pak ciek?
Yah begitulah kalau sudah pusing, ndak paham ape yang nak dicakap lagi. Awak nih cuma mau ingatkan ke diri sendiri je, bahwasanya hari ni awak pusing betul, biaselah engineer pusing, kalau yang dipusingkan bisa diselesaikan dengan cari dimanual aja mah udah cepat kelar, tapi kalau harus cari sana sini-tes ini itu, weleh-weleh..ya, benar2 cuma kita (lebih dari satu donk?) dan Tuhan yang tahu!
Sebenarnya sih, pusing2 begini udah makanan sehari2, emang kerjanya pusing2 kok, tapi gimana sih expresi pasca pusing2 itu? Ini bentuknya:

1. Mengumpat sejadi2nya (hanya kalau betul2 sepi)
2. Mengertak gigi + mengumpat dalam hati (kalau lagi rame/di kantor)
3. Berdoa (tidak pernah, parah!)
4. Mukul meja atau lempar sesuatu + ngumpat (plong, but dont try at the crowd)
5. Tidur (SOLUSI!)

Jadi, itulah cara2 yang bisa dipakai kalau lagi PUSING!
Tapi jelas ini hanya berlaku kalau yang kita hadapi adalah makluk tak bernyawa, kalau yang punya nyawa, apapun itu makluknya, lebih baik cari cara lain, link ini bagus.
Hag, sekian, aku mau pusing-pusing dulu, kalo ndak bisa juga, terpaksa pakai cara nomer 5 😀

September 9, 2013 at 12:32 am Leave a comment

Titipan Untuk Teman2 Calon Network Engineer

So, apa sebenarnya yang ingin disampaikan pada Diary ini (elah diary..cihhh)?
Yap, beberapa waktu lalu saya melakukan interview jadi staff noc (network operating center) disalah satu perusahaan X, jadi percakapan yang berlangsung selama interview aku tanya2 tentang apa peralatan yang bakal dipakai nanti, nah berikut barang2 itu:
1. Wire: FO and Coax dan tentu saja kabel kesayangan kita semua, yep UTP/STP
2. Non-wire aka Wireless : AP, bridge, HFC system
3. Software: Dominan Mikrotik sebagai router, cisco switch untuk switch

Trus apa lagi? yap:
1. Paham bener, dan bener2 paham itu Seven (7) layer
2. Paham itu routing: baik static / dinamic (RIP, OSPF, Cisco EIGRP). Lebih baik OSPF (cari alasannya sendiri di google)
3. Paham implementasinya aka script di salah satu software, lebih baik di mikrotik, karena kebanyakan orang Indonesia sekarang pakai Mikrotik sebagai router
4. Ngerti konsep dan impelementasi STP dalam kasus redudant switch (cari sendiri digoogle, lebih baik cobain di packet tracert dulu, baru kalau ada alat bisa coba di router mikrotik + cisco switch)

5. Ngerti hal2 remeh temeh kaya’: setting IP di Win/Linux/Mikrotik, Setting Access point, setting modem speedy, tes koneksi aka pinging, apa beda switch dan hub.
6. Ngerti tentang redudant ISP/Channel.
7. Ngerti makna dan impelementasi sekuritas jaringan, penting! (ingat kalimat sakti ini: Semakin nyaman untuk mengakses service jaringan, semakin rendah sekuritas jaringannya dan sebaliknya).

Ep, jangan ragu kalau ikut proyek walau kecil2an ato cuma dikasih makan siang doank, ikut aja, ato cari teman, sanak saudara, ato temannya sahabatnya dari kawan kamu untuk menimbah pengalaman, lumayan untuk bahan omongan, dari pada tong kosong.

Kalau serius ngoprek, 6 bulan ini putus semua. Dan inilah reality, so, hajar guys!

Ref:
http://belajarcomputernetwork.wordpress.com/
http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:IP/Route

September 5, 2013 at 10:44 pm 3 comments

Extream sleep schedule experiment: without pain

Yeah, manage waktu sebenarnya susah2 sulit, satu2nya cara ya harus fokus, tapi sepertinya fokus juga perlu pengaturan waktu tidur supaya lebih rileks kerjanya, jadi ini schedulenya :

1. Pukul 18-19.30
2. Pukul 12-02
3. Pukul 5.30-7.40

Total waktu tidur 5 jam 40 menit.
Pukul 17.30 habis ngantor and 7.40 abis bangun pagi langsung pompa jantung 10 menit. PAS!

September 4, 2013 at 12:28 am Leave a comment

Mengenal Liturgi (Tata Ibadah) HKBP

Great article of my church.

dongan's

Sumber:
http://binsar.berteologi.net/?p=858

Binsar Pakpahan
(Disampaikan pada sebuah seminar liturgi di HKBP Tanjung Priuk, 2005)

Sejarah dan Latar Belakang Tata Ibadah HKBP

Liturgi HKBP berasal dari Kerajaan Prosia, Jerman. Pada waktu itu (abad ke-18) terdapat bermacam-macam denominasi Gereja di Jerman, tetapi secara umum hanya ada dua aliran Gereja yang ada, yakni Lutheran dan Calvinis. Keyakinan Kaisar yang memerintah Jerman waktu itu adalah apabila agama bersatu (dan hanya satu), maka negara akan menjadi kuat, dan apabila negara kuat, berarti kekuasaan Kaisar juga kuat. Karena itu negara berkepentingan untuk menyatukan berbagai denominasi yang ada di Jerman pada waktu itu, dan salah satu caranya adalah menyatukan tata ibadah yang ada agar menjadi sama di seluruh Jerman. Proses penyatuan ini juga memakan waktu bertahun-tahun dan akhirnya diputuskan untuk menggunakan tata ibadah yang adalah gabungan dari tradisi Lutheran dan Calvinis.

Versi tata ibadah yang kita pakai sekarang adalah penggabungan kedua tradisi tersebut (dikenal juga sebagai Tata…

View original post 1,952 more words

September 1, 2013 at 8:48 am Leave a comment


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


%d bloggers like this: