Titipan Untuk Teman2 Calon Network Engineer

September 5, 2013 at 10:44 pm 3 comments

So, apa sebenarnya yang ingin disampaikan pada Diary ini (elah diary..cihhh)?
Yap, beberapa waktu lalu saya melakukan interview jadi staff noc (network operating center) disalah satu perusahaan X, jadi percakapan yang berlangsung selama interview aku tanya2 tentang apa peralatan yang bakal dipakai nanti, nah berikut barang2 itu:
1. Wire: FO and Coax dan tentu saja kabel kesayangan kita semua, yep UTP/STP
2. Non-wire aka Wireless : AP, bridge, HFC system
3. Software: Dominan Mikrotik sebagai router, cisco switch untuk switch

Trus apa lagi? yap:
1. Paham bener, dan bener2 paham itu Seven (7) layer
2. Paham itu routing: baik static / dinamic (RIP, OSPF, Cisco EIGRP). Lebih baik OSPF (cari alasannya sendiri di google)
3. Paham implementasinya aka script di salah satu software, lebih baik di mikrotik, karena kebanyakan orang Indonesia sekarang pakai Mikrotik sebagai router
4. Ngerti konsep dan impelementasi STP dalam kasus redudant switch (cari sendiri digoogle, lebih baik cobain di packet tracert dulu, baru kalau ada alat bisa coba di router mikrotik + cisco switch)

5. Ngerti hal2 remeh temeh kaya’: setting IP di Win/Linux/Mikrotik, Setting Access point, setting modem speedy, tes koneksi aka pinging, apa beda switch dan hub.
6. Ngerti tentang redudant ISP/Channel.
7. Ngerti makna dan impelementasi sekuritas jaringan, penting! (ingat kalimat sakti ini: Semakin nyaman untuk mengakses service jaringan, semakin rendah sekuritas jaringannya dan sebaliknya).

Ep, jangan ragu kalau ikut proyek walau kecil2an ato cuma dikasih makan siang doank, ikut aja, ato cari teman, sanak saudara, ato temannya sahabatnya dari kawan kamu untuk menimbah pengalaman, lumayan untuk bahan omongan, dari pada tong kosong.

Kalau serius ngoprek, 6 bulan ini putus semua. Dan inilah reality, so, hajar guys!

Ref:
http://belajarcomputernetwork.wordpress.com/
http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:IP/Route

Entry filed under: My self, Networking. Tags: .

Extream sleep schedule experiment: without pain Ekspresi Pusing!

3 Comments Add your own

  • 1. Miftah Rahman  |  September 9, 2013 at 10:18 pm

    thanks for referring to my blog ^_^

    Reply
    • 2. benhard  |  September 10, 2013 at 9:02 am

      Aduh, sory mas bro, ngak ngomong2 sebelumnya kalau aku ambil link mu. thanks gak marah😀

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My FB page


%d bloggers like this: