Mengenai Kebakaran Itu dan Kewaspadaan Kita

March 18, 2014 at 10:58 pm Leave a comment

Sekitar 2 minggu lalu, terjadi peristiwa yang menyedihkan, sebuah kebakaran terjadi disalah-satu tempat di Kota Pekanbaru, tepatnya di persimpangan trafict light Jl. Durian-Arengka I. 9 orang dikabarkan meninggal dunia akibat tidak dapat melarikan diri pasca kejadian tersebut, terdiri dari anak2, perempuan dan laki-laki.

Analisa

Melihat dari kejadian tersebut, mulai timbul kecurigaan tentang penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Mendengar dari desas-desus penyeledikan polisi dan beberapa komentar tokoh masyarakat, mulai dilakukan penelitian dan investigasi terhadap semua sumber informasi yang dapat digali. Salah satu isu menyatakan bahwasanya kebakaran terjadi akibat masalah bisnis. Semingguan ini saya mulai mengait isu tersebut dengan isu2 yang mirip. Misalnya, terjadinya kebakaran pasar tradisional Ciek Puan yang selama saya tinggal di Pekanbaru ini, sudah lebih dari 4 x terjadi kebakaran.  Ternyata pada tahun 2012 mulai kelihatan apa tujuan dari musibah2 yang dibuat2 itu, apalagi kalau bukan pembangunan gedung yang baru, namun hingga saat ini, pasar itu masih beraktifas, walaupun sudah tergencet dengan gedung2 tinggi disekitarnya, semisal Mall Matahari. Begitu juga yang terjadi dengan rumah kerabat saya, yang pada akhirnya memang ingin membeli lahan untuk pembangunan ruko.

Kembali ke cerita sebelumnya, melihat dari lokasi kebakaran itu, terlihat memang pada posisi tanah emas, selain itu bangunannya juga sangat mencolok jika dibandingkan dengan bangunan ruko disekelilingnya. Tepat didepannya, mulai dibangun ruko, diseberang jalan yang dulu ada bangungan sederhana sudah dirobohkan dan dibangun ruko.

Tambahan: Pekanbaru adalah ibu kota provinsi Riau. Dimulai tahun lalu, sebuah proyek multiyears pembangunan jalan toll dari dumai ke Pekanbaru dimulai, yang artinya, kota ini akan menjadi jakartanya pulau Sumatera, Riau langsung berhubungan dengan dunia luar, tepatnya Malaysia dan singapura.

Berdasarkan gambaran kejadian dan kait-mengait dengan isu2 serupa lainnya, dalam benak, saya mulai gusar, mulai membaca-baca apa yang nak terjadi. Bilamana Pekanbaru nanti semakin pesat pembangunannya, satu hal yang saya takutkan, yaitu arogansi pemilik pitih untuk menguasai daerah yang menggunakan segala bentuk cara sehingga tiada tempat bagi orang Pekanbaru untuk tinggal nyaman di kota kami yang kecil mungil (becandanya, gak akan ada orang tersesat di kota kecil ini).

Waspada

Bilamana satu masa nanti, dengan melihat sekeliling, melihat pembangunan yang membuat rumah/tempat kita mulai tak seragam dengan yang dominan, kemudian ada yang menawar-nawar untuk pindah dan menjual tempat kita itu, aku sarankan untuk segera cepat berfikir mencari tempat tinggal lain, sebab nyawa kita lebih berharga. Segera saja buat deal dengan angka yang pas kemudian bisa pindah dan membangun di tempat lain. Tentu kita sudah belajar dari yang lalu-lalu, tahu bahwasanya manusia itu lebih berbahaya dari setan, sebab dia nyata lahiriahnya dan kita tidak mau mati konyol sebab si manusia tukang panggang itu.

Ceritera ini hanya imajinasi liar saya, tidak untuk menuding siapa2. Tetapi dengan analisa, kita bisa lebih waspada terhadap perubahan disekitar kita.

Entry filed under: Duka, Kotaku. Tags: .

Membuat Plugin jQuery Automatic Volume Control

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My FB page


%d bloggers like this: