Jual Saja, Pasti Laku!

September 16, 2014 at 11:01 pm 2 comments

Stand

Sumber: en.wikipedia.org/wiki/P%C3%B8lsevogn

Sekarang ini saya bekerja sebagai programmer. Awal mula menjadi programmer tidaklah mudah, segala alasan bisa muncul untuk berhenti menekuni bidang ini. Penyakitnya bisa apa saja, mulai dari pusing, sakit kepala/migrain, sakit perut sampai kuku terkilir pun bisa jadi alasan :v. Tetapi ternyata pekerjaan yang walaupun sudah menahun tetap saja keseharian saya selalu dihantui alasan-alasan konyol seperti ini. Saya sendiri tidak berfikir terlalu idealis tentang satu jenis pekerjaan, karena dulunya basic saya adalah Admin Jaringan, karena satu dan lain hal, akhirnya menyelam ke danau yang lain😀. Saya tidak takut dibilang kutu loncat atau generalis, saya berfikiran OPTIMIS + REALISTIS. Berfikir OPTIMIS artinya kita tidak mengeluh akan jalan hidup yang masih membentang layaknya lajur jalan dari Rumbai ke Pasir Putih😀, tetap semangat, beat the day! Sedangkan REALISTIS nilainya selalu kearah negatif, hal ini berguna sebagai wanti-wanti dalam bertindak buat, intinya wise-lah.

Jika kita terlalu idealis, maka kita melihat segala halnya rata/flat, misalnya saja, ada mahasiswa yang mengambil jurusan IT, tetapi tidak terlalu paham IT, ini bukan berarti masa depannya akan suram, masih banyak bidang bukan IT yang membutuhkan orang-orang dari skill berfikir layaknya orang IT, misalnya perbankan atau analis bidang lainnya. Saya tidak mau meremehkan orang yang sekolah dibidang IT tapi tidak jago benar IT, yang pantas di remehkan itu adalah orang IT tapi tidak mau update tentang IT!

Okeh, mukadimahnya panjang benar :D! Kemarin kami berjualan produk toko online (http://demo.bisnislab.com) yang diproduksi langsung oleh tim development kami. Hasil yang didapatkan bila dibanding dengan stand jualan modem di depan stand kami mungkin sekitar 1000:1. Mereka 1000, kami 1, miris, mau nangis :v. Padahal jika dibandingkan dengan produk ecommerce (http://businesscatalyst.com) punya Adobe, fitur sistem kami tidak kalah dan mungkin lebih efektif, hal ini dikarenakan sistem yang dibuat juga kami pakai untuk berjulan, sehingga kami selalu berusaha mengupdate agar lebih mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan yang aktual/business process.

Berjualan memang susah, bila pasar tidak benar dikaji, alhasil nihil yang diperoleh. Jelas saja, kita tidak berjualan baju dingin di kutub, tentu pasarnya adalah orang2 yang butuh jaket hangat. Pekanbaru kususnya, Indonesia umumnya masih sulit untuk menjajakan produk teknologi informasi, masyarakat masih banyak berbelanja secara konvensional, atau memang ada pemain besar yang bermain kasar, akibatnya penjual dengan daya kecilpun meringis tumbang. Ini menjadi satu pengajaran yang berharga, berjualan tidak mudah, bahkan bagi saya lebih sulit dibanding programming! Buktinya? Itu programnya sudah jadi, tapi hasilnya tidak segembira yang dibayangkan. Dibuat, dijual, ternyata tak laku :v.

Mungkin yang kita butuhkan adalah kiat marketing yang baik untuk menjual software, ini dia bacaan yang bisa membuka pikiran 14 Tips for Selling Software and Services Online | CIO . Selamat Berpetualang!

Entry filed under: My self. Tags: .

Membuat .htaccess di Windows (without pain) Integrasi Layanan Ekstenal

2 Comments Add your own

  • 1. adien  |  September 17, 2014 at 5:20 am

    Mainan baru lagi kayakanya ni
    Semangat Ben (y)

    Reply
    • 2. benhard  |  September 20, 2014 at 11:17 am

      Masih yang lama aja mas, kerjaan banyak di onlineshop😀

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My FB page


%d bloggers like this: