Menengok Panduan Pengaduan Website PANSELNAS

September 22, 2014 at 2:03 am Leave a comment

Event terheboh di Indonesia saat ini selain berita kasus korup dan pilpres adalah pendaftaran CPNS, katanya sekarang sudah online. Saya lumayan gencar mengamati kondisi sistem yang sedang berjalan itu, saya dengar berita kemarin sempat semaput dan online lagi setelah beberapa hari maintenance akibat gelombang pendaftaran yang padat katanya.

Ini adalah kali pertama pendaftaran via online yang dilakukan negara untuk merekrut abdinya, keren juga, sudah bisa online. Online-nya sistem pendaftaran ini juga dipercanggih dengan sistem ujian yang menggunakan CAT (google CAT plis😀 ), untuk masalah CAT ini saya tidak mau ikut campur, karna memang saya tak pernah tau bentuknya😀 . Coba kita akses halaman di https://panselnas.menpan.go.id/index.php/2-uncategorised/429-pengaduan , itu adalah halaman untuk panduan pengaduan, semacam FAQ untuk pengaduan. Dari halaman itu ada beberapa hal yang masih membingungkan saya pribadi, jika Anda merasa tidak bingung, ya bagus itu😀 . Mari kita mulaikan!

Judul : Panduan Pengaduan, its okelah

Baris kedua:

Ini ada solusinya! Saya mengira-ngira, mungkin pihak dapur (tim administrasi pendaftaran) website ini merasa kesulitan apabila pengguna dapat merubah pilihan instansinya, karena setiap pendaftar mungkin sudah dikelompokkan pemeriksanya, misalnya data dari instansi A, LANSUNG diperiksa instansi A pula, nah mungkin jika pengguna diperbolehkan merubah nantinya akan menyusahkan pemeriksaan oleh pihak dapur, solusinya?
Yep, ada 2 solusi sehingga pengguna masih boleh merubah pilihannya:

  1. Sistem pendaftaran mengharuskan pengguna meng-klik suatu link untuk konfirmasi pendaftaran pada email yang digunakan untuk mendaftar, ya seperti konfirmasi email di facebook😀. Jika sudah sudah terkonfirmasi, pengguna dapat login dan merubah datanya jika diperlukan, pada halaman pengguna tersebut sediakan sebuah tombol KIRIM LAMARAN, setelah itu data tidak dapat diubah lagi, jika belum dikonfirmasi atau pengguna belum meng-klik tombol kirim lamaran tersebut, pihak dapur tidak perlu mengecek data pengguna tersebut.
  2. Berikan waktu 2-3 jam bagi pengguna mengoreksi datanya sebelum data tidak dapat diubah lagi dan kemudian diperiksa pihak dapur.

Saya pribadi lebih suka solusi yang nomor 1.

Mari bahas baris2 selanjutnya, lihat gambar.

Gambar diatas menjelaskan beberapa poin yang menurut saya kurang ideal. Tetapi mengapa mesti begitu, apakah tidak ada solusi lagi? Jawabnya “ada”!

Nomor 1: Manualisasi untuk masalah yang penting sepertinya memang baik, saya setuju, teruskan!

Nomer 2: Bingung sekali saya, kalimatnya belum jelas, karena jika email sudah masalah, terus mengirim email dengan email mana? Harusnya ada kejelasan dalam kalimat itu, misalnya boleh mengirim dengan email selain yang digunakan saat mendaftar, atau apa kek😀.

Nomer 3: Katanya jika tiba2 sistem berhenti merespon saat kita meng-submit form, maka kita boleh langsung login ke portal instansi dalam 1×24. Ini membingungkan, pendaftaran menggantung harusnya sistem merespon gagal, ambigu sekali ini. Situasi sepertinya harusnya bisa ditangani oleh programmer dengan melakukan pengecekan data, jika memang koneksi terputus tetapi data masuk, yah kirimkan saja email konfirmasi pendaftarannya. Sehingga pendaftar tidak bingung, antara masuk atau tidak.

Nomer 4: Masalah kesalahan sistem yang tidak mengirim email saat pendaftaran, ada 2 solusinya:

  1. Melakukan queue pada sistem emailing, jika email gagal dikirim oleh fungsi email, maka akan coba dikirimkan lagi nanti, sehingga email konfirmasi tidak ada lenyap karena kegagalan sistem.
  2. Menyediakan kolom yang fungsinya untuk mengirim ulang email konfirmasi, sehingga jika pengguna merasa sudah mendaftar tapi setelah menunggu sekian lama ternyata tidak dapat email konfirmasi nantinya bisa menggunakan form tersebut untuk mendapatkan email konfirmasi, jika emailnya juga gagal terkirim? Balik ke sistem point a😀

Nomer 5-7 okelah sip!

Selesai masalah!

Request: Konfirmasi via SMS juga dong, biar lebih pribadi kesannya . Facebook aja ada konfirmasi SMSnya, masa kita kalah😀

Adapun solusi dari saya ini bukan untuk menjelekkan sistem yang ada, sesuatu yang baru tentunya memang begitu adanya, mesti ada masukan, biar lebih baik. Jika ini bukanlah solusi, ignore me😀 . Sekian.

Entry filed under: My self. Tags: , .

Integrasi Layanan Ekstenal Tampilan Toko Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My FB page


%d bloggers like this: