Sekuritas Akun Google

November 13, 2014 at 11:34 am Leave a comment

Google sebagai raksasa teknologi IT banyak menawarkan aplikasi-aplikasi tepat guna bagi pengembang software, khususnya website development. Teknologi yang dikembangkan berubah begitu cepat layaknya kilat, jika telat sedikit saja membaca update software, maka bisa dipastikan aplikasi yang kita buat menggunakan layanan dari google (API) tidak berjalan.

Dalam developmen website, saya sendiri menggunakan beberapa layanan dari Google, salah satunya adalah API Google Analytics (GA). GA sendiri berguna bagi Administrator untuk melihat trafik yang mauk ke websitenya. Website yang kami kembangkan menggunakan API tersebut sehingga Administrator website dapat melihat fungsi GA tanpa harus login ke account Google-nya, cukup dari halaman Administrator saja. Aplikasi yang dikembangkan dengan API GA ini dulunya sering memusingkan, karena website yang setup berada pada server di USA, sedangkan pada waktu pembuatan account google untuk mendaftar GA menggunakan akses dari Indonesia, akibatnya layanan Google memblokir akses API GA dari website, karena beda lokasi (geografinya).

Aktifikas lokasi akses ke account Google

Solusi apabila Google mencegah akses dari website yang menggunakan APInya ialah dengan mengaktifkan mode “Akses untuk Aplikasi Kurang Aman”.

Setelan untuk mengaktifkan Akses untuk Aplikasi Kurang Aman

Setelan untuk mengaktifkan Akses untuk Aplikasi Kurang Aman

Memang akan sangat beresiko bagi keamanan account yang digunakan, namun aplikasi must go on😀 , mau bagaimana lagi, kalau tidak begini, maka aplikasinya tidak jalan.

Secara pribadi, panduan penggunaan pada layanan yang begitu banyak dari Google baiknya ditulis dengan format BOLD, karena memang tidak bisa dipahami secara reflek. Layanan yang super banyak seperti ini memang bukan hanya milik Google, beberapa pemain besar seperti Microsoft dan Amazon Web Service (AWS) memang kerap membuat saya bingung, alhasil harus menghabiskan berjam-jam untuk membaca manualnya.

Entry filed under: Computer SW, Website. Tags: , .

Flashdisk Mini Pekanbaru Nyaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My FB page


%d bloggers like this: