Posts filed under ‘Networking’

Titipan Untuk Teman2 Calon Network Engineer

So, apa sebenarnya yang ingin disampaikan pada Diary ini (elah diary..cihhh)?
Yap, beberapa waktu lalu saya melakukan interview jadi staff noc (network operating center) disalah satu perusahaan X, jadi percakapan yang berlangsung selama interview aku tanya2 tentang apa peralatan yang bakal dipakai nanti, nah berikut barang2 itu:
1. Wire: FO and Coax dan tentu saja kabel kesayangan kita semua, yep UTP/STP
2. Non-wire aka Wireless : AP, bridge, HFC system
3. Software: Dominan Mikrotik sebagai router, cisco switch untuk switch

Trus apa lagi? yap:
1. Paham bener, dan bener2 paham itu Seven (7) layer
2. Paham itu routing: baik static / dinamic (RIP, OSPF, Cisco EIGRP). Lebih baik OSPF (cari alasannya sendiri di google)
3. Paham implementasinya aka script di salah satu software, lebih baik di mikrotik, karena kebanyakan orang Indonesia sekarang pakai Mikrotik sebagai router
4. Ngerti konsep dan impelementasi STP dalam kasus redudant switch (cari sendiri digoogle, lebih baik cobain di packet tracert dulu, baru kalau ada alat bisa coba di router mikrotik + cisco switch)

5. Ngerti hal2 remeh temeh kaya’: setting IP di Win/Linux/Mikrotik, Setting Access point, setting modem speedy, tes koneksi aka pinging, apa beda switch dan hub.
6. Ngerti tentang redudant ISP/Channel.
7. Ngerti makna dan impelementasi sekuritas jaringan, penting! (ingat kalimat sakti ini: Semakin nyaman untuk mengakses service jaringan, semakin rendah sekuritas jaringannya dan sebaliknya).

Ep, jangan ragu kalau ikut proyek walau kecil2an ato cuma dikasih makan siang doank, ikut aja, ato cari teman, sanak saudara, ato temannya sahabatnya dari kawan kamu untuk menimbah pengalaman, lumayan untuk bahan omongan, dari pada tong kosong.

Kalau serius ngoprek, 6 bulan ini putus semua. Dan inilah reality, so, hajar guys!

Ref:
http://belajarcomputernetwork.wordpress.com/
http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:IP/Route

September 5, 2013 at 10:44 pm 3 comments

Memamfaatkan Si Cisco

You know, I know, semua know … Cisco? Yeah, big company, rich in the everything. Product information? Lengkap sekali, mulai dari proposal, jurnal,produk jadi, HARGA, manual hingga simulasinya. Super sekali!
Apigee%20Heart%20APIs%20sticker[1]Cisco sendiri sudah menyediakan link untuk dokumentasi yang dapat digunakan oleh developer untuk mengakses informasi yang mereka sediakan dengan menggunakan API. Ketika saya terfikir tentang sesuatu yang serius (in CS), saya langsung mengarah pada web service yang produk itu sediakan, nah, ternyata cisco cukup lengkap.

Salah satu IDE muncul ketika saya mengingat tentang pelajaran TKJ, biasanya untuk KBM menggunakan simulasi, salah satu simulasi yang digunakan adalah Cisco Packet Tracer. Aplikasi simulasi ini disediakan oleh cisco untuk kegiatan KBM dengan device2 yang ada di Cisco system, boleh itu router, switch dsb. Yang ingin saya sekali buat adalah sebuah Aplikasi simulasi perhitungan biaya otomatis yang mampu:

  1. Membuat map/gambar sesuai dengan gambar yang diiginkan
  2. Menghitung seluruh kebutuhan sesuai dengan yang diinginkan (spek hardware yang ada di Cisco sesuai kebutuhan pembagunan)
  3. Menyediakan komparasi antara hardware2 yang ada di Cisco dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, sehingga dapat memberikan informasi lebih luas tentang future development jaringan yang dibuat.
  4. Harga produk

Nah, kesemua itu nantinya dapat memamfaat API milik cisco, sehingga datanya lebih valid dan confident. Lalu, seperti apa sebenarnya bentuk aplikasi itu nanti? Jadi, aplikasi itu nanti hanya berupa form inputan yang dibuat dengan format sesuai network device, misalnya: ditambahkan device router, kemudian di isikan berapa port yang ada digunakan, berapa jumlah data yang mungkin lewat, dsb, pada akhirnya dapat dihasilkan kembalian berupa saran produk (information for recommendation system gitulah :D) yang cocok digunakan.
Bagitu saja kira2. Simple, tetapi bermamfaat, sehingga akan memudahkan jika ingin membuat jaringan sekaligus dapat menghitung budget yang harus di sediakan.
Kapan mau dibuat? Entahlah, abislah dulu kuliah ini, baru bisa gerak dikit… 😀

Referensi: http://bauhaus.ece.curtin.edu.au/~iain/CTP392/PT%20development/IPC.pdf

May 1, 2013 at 12:40 am Leave a comment

Remote Desktop dengan Mode Auth yang Super Lucu :D

Remote desktop memang membantu sekali, remote desktop ini juga merupakan turunan dari computer remote via network yang dulu sekali dan juga sekarang masih ada menggunakan interface CLI, sedangkan remote desktop sudah menggunakan GUI. Dari mana saja, asalkan terkoneksi jaringan (lan/wan) bisa remote2..Gampang bukan..serasa live di depan komputernya.

Trully about Team Viewer (Katanya..) : (more…)

January 27, 2012 at 3:22 am Leave a comment

Blog, Jejaring sosial === Rumah anda

Jika anda berpindah dari satu kamar ke kamar lain, maka anda akan memindahkan barang-barang pribadi anda juga, oleh karena itu saya sedikit menyinggung perspektif orag mengenai blog dan sossial networking yang banyak mendapat predikat isu-isu yang tidak sedap. (more…)

December 16, 2011 at 7:06 am Leave a comment

Like Button Itu : Sesuatu-nya Dari Sesuatu ..

Kalau kita membaca postingan orang, baik itu menarik atau tidak menarik terkadang mau kasih apresiasi juga, biasanya sih dengan memberikan komentar, tapi kalau pada postingan tersebut sulit banget untuk mengutarakannya dalam tulisan maka ada rasa-rasa sedikit beban gitu. Ternyata Mark Z punya ide , idenya dengan menggunakan Like Button. Like button sangat ringkas, apresiasi bisa langsung sampe walau tujuan dari apresiasi itu juga belum jelas, ntah benar-benar suka sama postingannya atau hanya numpang exist saja di postingan itu. Terserah yang nekan (push) like button nya donk..hehe.. Ini ide yang kreatif tentunya. Saya sendiri juga sering bingung atau sungkan berkomentar di beberapa postingan yang saya baca, tentunya like button jadi cara supaya tetep bisa apresiasi post-post tersebut, terlebih kalau postingan yang galau meligai..hihi..

Pokoknya gunakan dan push like button kalo anda bingung mau ngomong apa di postingan orang..hehe..

December 6, 2011 at 5:26 am Leave a comment

Website Cisco : dari PHP ke JAVA Environment

Sekitar hampir 6 bulan ini saya memperhatikan situs Cisco yang biasa saya buka karena memang sebagian kegiatan mengajar juga menggunakan Network Academy dari Cisco tersebut. Yang jelas berbeda ialah tampilan depan dari website yang beralamat di http://www.cisco.com, dulunya sich warnanya biru tua, sekarang udah lebih cerah dengan biru mudahnya, jika di telisik lagi, dan di rasakan sewaktu menggunakan interface webnya, terasa bahwa kini web cisco sudah menggunakan metode AJAX, yang lebih dasyat lagi, ternyata web cisco sudah tidak lagi menggunakan PHP sebagai scriptingnya, sekarang sudah menggunakan Java, yang jelas cisco lebih nyaman digunakan. satu lagi, metode login dicisco juga sudah dirubah, sehingga jika ingin login hanya boleh dari satu session page aja, kalau mau login lagi, harus buka page yang berbeda.

December 5, 2011 at 12:42 pm Leave a comment

RB 411ah Teler Dalam Sebulan

Lanjutan dari cerita kemarin mengenai maintenance AP di sekolahan. Ternyata NIC Wirenya rusak, bisa transfer arus tapi tidak bisa untuk data. Sepertinya masalahnya disebabkan tegangan listrik yang tidak stabil apalagi dipakai dengan mode satu jalur/POE. Belum sempat dari kemarin mau tanya dengan antarlangit mengenai klaimnya. Mudah-mudahan diberi kemudahan dari sang Agung, biar bisa fly on the air lagi Wifinya.

November 23, 2011 at 2:15 pm Leave a comment

Older Posts


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


%d bloggers like this: