Posts filed under ‘Umum’

Ngomongin Javascript

Diskusi tentang bahasa pemrograman umum (general purpose ProgLang) memang tiada habis serta tak akan kandas sampai kapanpun. Serius, contohnya, biarpun BASIC dan dan FORTRAN sudah sangat jadul tapi sampai sekarang masih sering dijadikan sumber cerita yang menarik setiap ada topic komparasi proglang. Yah, semacam sejarah dunia gitulah, selalu diungkit2 dua bahasa fosil itu :D. Ouch, lupa! Kan lagi ngomongin Javascript. Yah, javascript adalah salah satu bahasa pemrograman client side (Action Script) (kernelnya di embed di browser). Itulah definisi kaku sewaktu jaman orde baru :v. Sekarang bahasa ini tidak hanya dipakai untuk client side saja, tapi juga sudah menjadi bahasa general porpuse yang dipakai di sisi server. U no Node.js, yep ProgLang yang disebut punya kemampuan untuk melakukan pekejaan layaknya proglang PHP, Java dan kawan-kawan.

Prospek
Melihat dari keberhasilan HTML5 dan Node.js yang sudah dipakai secara luas, bahkan implementasi langsung oleh Company semacam Facebook dan kawan-kawan, tentunya masa depannya cerah. Javascript dapat berjalan baik di komputer desktop, tablet ataupun smartphone (HP jadul juga?). Atau ini http://brandonalexander.com/rosnodejs/.
Terus, apakah saya yang baru belajar proglang bisa langsung belajar bahasa ini?
Tentu bisa, tapi tidak recomended! kenapa?
Alasannya karena proglang ini adalah mahluk tempat berkumpulnya konsep terbaik dan terburuk dari semua konsep yang ada. Walaupun demikian. dalam banyak topic komparasi proglang, jarang sekali yang mengungkit2 kekurangan javascript, hehehe 😀 Lucu!
Sebaiknya baca buku ini (ditulus oleh salah seorang periset senior Javascript)
http://www.oreillynet.com/pub/a/javascript/excerpts/javascript-good-parts/awful-parts.html
Oleh karena itu, lebih baik belajar bahasa yang lebih mudah dulu, misalnya C, PHP atau basic.

Level pada Javascript
Saya sendiri sangat terganggu dengan proglang ini, sering sekali membuat pusing 7×2 keliling! 😀 Terang aja, konsepnya aneh sekali, membuat bingung saja. Jadi sebenarnya bagaimana tentang level pada Javascript ini?
Saya sendiri masih hanya sebatas untuk memudahkan user interface saja atau koneksi form (AJAX) saja. Itu karena saya tidak menyukai design grafis. Javascript sendiri adalah bahasa wajib bagi Web Designer yang bakal sangat berguna untuk membuat interface lebih menarik, terlebih sekarang sudah ada HTML5, proglang ini semakin gencar implementasinya.

So, ada yang nekat? 😀

June 5, 2014 at 8:51 pm Leave a comment

PHP, Java, Objective-C, .NET, Python Sucks?

Aku, sering ketemu debat programmer di forum2 yang membahas tentang komparasi antara proglang satu dengan lainnya. Terkadang aku sendiri yang cari, kadang2 memang muncul sendiri dipermukaan media online 😀 dan terpaksa (?) dibaca.

http://blog.codinghorror.com/php-sucks-but-it-doesnt-matter/

Seru memang, masing-masing punya argumen menaik-turunkan kemampuan proglang yang mereka usung itu. Tapi terkadang memang kelihatan lucu bin lawak. Semisal, ada yang bilang PHP itu tidak berguna, blala..blala..(dijelaskan dengan fakta sampai 10 lembar HPS), lah kenyataannya PHPlah yang paling berguna untuk saat ini di dunia web development. Ya, siapa yang tak tau Facebook, Wikipedia, WordPress, Drupal, Yahoo, Google (masa2 awal), semuanya itu didevelop dengan PHP. Teknologi PHP sendiri sekarang sudah sangat maju berkat keinginan para engineer agar proglang satu ini tetap exist (https://duckduckgo.com/?q=hhvm).

Banyak yang tidak suka dengan framework .NET, eh tapi paling rajin post topic di stackoverflow.com, ada yang gak suka Java, eh suka twit-twat di twitter dan facebook. Begitu juga dengan silly space di python, tapi sekarang bahasa no 1 di Google. Ada juga yang gak suka Objective-C, eh, Mac, IOS dibangun dengan proglang ini.
Menurut aku sih sebagai pengguna proglang, semua tergantung dengan Apa dan Berapa ketika dihadapkan dengan project. Kalau semua pas, semua bisa diatur, Intinya, hepeng na mangatur :D.
Ini hanya persepsi, tidak ada tindakan memberi evidence.

June 4, 2014 at 9:39 pm Leave a comment

Iklan yang cocok diperankan Jokowi.

Di satu sisi menurut saya, Jokowi bukanlah orang yang cocok menjadi gubernur, karena gubernur gak main lumpur, gak basah-basahan dan engak nonton konser musik metal/keras. Yah, tau sendirilah kalau namanya udah gubernur, biasanya main hutan2an, suntik2an, pistol2an, sembunyi2an alias iligal loging, bisnis narkotika, senjata api dan melarikan diri kalau di butuin atau mau dicekal, hahaha, kaya om nazaruddin 😀

Kalau saja Jokowi dapet peran jadi pemeran dalam pembuatan iklan, ini yang paling cocok untuk dia perankan:
1. Figuran jadi sopir/bang becak (secara tampangnya pas banget)
2. Agak naik sikit, bintang iklan saleb kutu air atau jamur kulit (secara dia kan main lumpur2an tuh, aissshhh)
3. Bintang iklan pengganti Bob sadino – Jamu tolak angin (secara dia blusukan ampe tengah malam cuy…)
4. Trus bintang iklan kartu selular XL, ituloh temennya si Omes yang jatuh ke lubang galian karna asik ngomel terus (Jokowi kan udah pengalaman tuh masuk gorong2, hahahah..)

Selain itu, produk2 seperti pemutih dan penghalus kulit tidak cocok untuk dia! kecuali bisa putih itu orang karna pakai krim pemutih,,weh..weh,,bisa2 laku disepenjuru jagat nusantara coy.. secara, Jokowi kan dikenal semua orang (kecuali bukan orang..wkwkkw).

Lepas dari candaan diatas, salut buat Gubernur Jakarta itu, berani berkorban demi yang selalu jadi korban. Saya yakin, disetiap manusia ada jokowi, hanya saja belum berontak.

Yukkkk…kita berontak… 😀

January 28, 2013 at 9:07 pm Leave a comment

Patung Tugu Zapin, Enaknya di Pandang Dari Mana ?

Sudah hampir seminggu ini saya melihat tugu yang hampir sebulan di tutup karena kegiatan pembuatan ulang patung, hari ini dengan beberapa hari lalu juga tampaknya ada perbedaan, sekarang tugu itu sudah berwarna biru (saya kurang paham warna-semua warna bahkan, lebih parah warna biru ato hijau). (more…)

December 28, 2011 at 7:47 am 2 comments

Blog, Jejaring sosial === Rumah anda

Jika anda berpindah dari satu kamar ke kamar lain, maka anda akan memindahkan barang-barang pribadi anda juga, oleh karena itu saya sedikit menyinggung perspektif orag mengenai blog dan sossial networking yang banyak mendapat predikat isu-isu yang tidak sedap. (more…)

December 16, 2011 at 7:06 am Leave a comment

Traffic Light Yang Membingungkanku..

Sepertinya dalam setiap post saya selalu membahas mengenai apa yang saya temui diperjalanan, Ya, karena hari saya yang selain di ruangan cuma ada sewaktu dijalanan, tepatnya sewaktu berkendara, kali ini mengenai traffic light yang buat saya sedikit bingung dlam perjalanan ke tempat kerja ketika melalui jalan dibundaran depan kantor gubernur, kemarin saya perhatikan untuk lampu hijaunya di hitung mundur,tapi hari ini saya perhatikan sepertinya terbalik, yaitu dihitung maju, loch kok begitu ?

Salahnya dimana ? Mungkin memang begitu pengaturannya, atau memang error !? Sepertinya bukan traffic light itu aja yang membuat saya bingung, trafific light di persimpangan jalan durian dan bakti juga error, masalahnya lampu hijau dan lampu merah hidup berbarengan, sedangkan lampu kuningnya mati. Jadi bagaimana ini ? Ya pandai-pandai sajalah, asal jangan nubruk..hehe..

November 29, 2011 at 5:01 am Leave a comment

Pak Plis, Lambaianmu Mengherankanku ..

Sontak saja tadi pagi sewaktu diperjalanan ke tempat kerja saya sedikit terkejut, saya memperhatikan jalan yang saya lalui dengan seksama. Sewaktu melewati jalan protocol yang sibuk dengan lalu lalangnya kenderaan juga tidak tertinggal mr. Pak plis yang juga sedang sibuk dengan pandangannya ke seluruh ruas jalan. Ketika saya berada pada satu ruas jalan yang sedang di atur oleh mr. Pak plis, saya memperhatikan ada hal yang sedikit membuat lucu, lambaianya dari mr.Pak plis kok loyo banget. Malah saya fikir si mr.Pak plis sedang memanggil saya untuk berhenti di pinggir, ternyata tidak, memang sepertinya mr. Pak plis dan mrs.Buk plis sekrang sepertinya sudah hilang kegagahan dan disiplin dalam aktifitasnya, apalagi hal strategis seperti pada lalu lintas, bisa saja arahan yang di berikan oleh mereka tidak atau sulit dipahami oleh orang yang sudah mengerti gerakan-gerakan mengatur lalu lintas.

Sekali lagi, tolong donk jangan melampai lebay sewaktu di jalan raya mr. Pak plis yang kian lesu..hehe..

November 28, 2011 at 8:21 am Leave a comment

Older Posts


Because I Learn CI and Jquery

http://api.jquery.com

http://www.grocerycrud.com

http://Zedwood.com

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


%d bloggers like this: